Ada banyak sekali toko online atau marketplace yang tersedia di jaringan internet, salah satunya yaitu Tokopedia. Sebagai salah satu start-up e-commerce terbesar diIndonesia, Tokopedia menawarkan kemudahan dalam kegiatan Berjualan di Tokopedia. kamu harus tau langkah awal Berjualan Tokopedia

Banyak masyarakat yang akhirnya mempelajari cara bertransaksi di Tokopedia agar bisa mencari barang dengan mudah dan praktis. Ada juga orang-orang yang berusaha menawarkan produk di Tokopedia. Saat ini, Tokopedia belum mengizinkan bisnis dari luar negeri untuk menjual produk mereka melalui platformnya.Namun, hal ini dapat berubah di tahun-tahun mendatang dengan meningkatnya permintaan akan produk-produk canggih dari luar negeri. 

Jika Anda pelaku usaha dan ingin mengembangkan bisnis Anda, maka tidak ada salahnya jika Anda mulai berjualan di Tokopedia. Karena selain menawarkan sistem jual beli yang aman dan terjamin, Tokopedia juga memiliki traffic website yang cukup banyak untuk menjaring pelanggan. Dengan ini, potensi penghasilan yang akan Anda dapatkan juga bisa menjadi lebih besar.

Cara Berjualan di Tokopedia

cara berjualan di tokopedia
Cara Berjualan di Tokopedia

Anda tidak perlu pusing saat mendaftar atau mencoba untuk mulai berjualan di Tokopedia karena memang caranya cukup mudah. Tak hanya itu, berjualan online di Tokopedia juga tidak dipungut biaya apapun sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar terlebih dahulu. Lantas, bagaimana caranya berjualan di Tokopedia? Berikut pembahasan selengkapnya:

Membuat Toko di Tokopedia

langkah awal berjualan di tokopedia adalah membuat toko
Membuat Toko di Tokopedia

1. Pertama-tama, buatlah akun e-mail, karena tahap pendaftaran akan membutuhkan email untuk verifikasi akun Tokopedia Anda. Jika Anda sudah memiliki e-mail, Anda dapat melewati langkah ini.

2. Lalu download aplikasi Tokopedia di ponsel Anda melalui playstore maupun appstore.

3. Anda bisa memilih Login kalau sudah menjadi member atau Sign Up jika Anda baru pertama kali mengakses Tokopedia dan belum menjadi member.

4. Silahkan klik pilihan ‘Menu Utama’ pada pojok kanan atas layar ponsel Anda, lalu klik ‘Mau mulai berbisnis? Buka Toko Gratis’.

5. Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman buka toko. Klik ‘Buka Toko Gratis’.

6. Tulis nama toko yang Anda pilih. Pastikan Anda sudah menyiapkan nama toko yang sesuai karena nama toko tidak bisa diubah kembali. Setelah mengisi nama toko, isi domain toko Anda. Domain toko (tokopedia.com/namadomaintoko) ini bisa dikatakan sebagai URL atau link untuk toko online Tokopedia Anda. Pastikan domain toko Anda unik dan tidak sama dengan domain toko lainnya.

7. Selanjutnya, masukkan alamat toko yang benar dan lengkap. Alamat ini akan digunakan oleh kurir untuk mengambil barang yang siap dikirim dari tokomu. Isi dan lengkapi nama jalan, nomor bangunan, nomor RT dan RW, kecamatan, hingga kode pos dengan benar. Klik ‘Simpan’.

6. Setelah itu, klik ‘Buka Toko Sekarang’. Toko online Anda di Tokopedia sudah berhasil diaktifkan dan Anda dapat mulai berjualan. Sangat mudah bukan? jangan sampai kamu ga ikutin langkah awal berjualan di tokopedia