Pastikan sampainya ditahap ini, Anda sudah selesai membuka toko online di Tokopedia. Langkah selanjutnya, maka kita sudah bisa menambah produk yang Akan Anda jual. Lakukanlah beberapa cara menjual produk di tokopedia berikut:

  1. Pilih opsi ‘Tambah Produk’ untuk memasukkan berbagai produk yang akan Anda jual melalui Tokopedia.
  2. Isilah berbagai kelengkapan produk yang akan Anda jual, seperti jenis/kategori produk, harga produk, berat produk, deskripsi produk, dan foto produk yang akan dipasarkan.
  3. Selanjutnya, klik ‘Simpan’ untuk menambah produk ke dalam database Tokopedia. Jika Anda ingin menambah banyak produk sekaligus, Anda bisa menjadi member Gold Merchant terlebih dahulu.
  4. Setelah mengupload produk ini, Anda bisa menunggu pelanggan untuk membeli produk Anda. Tenang saja, Anda akan mendapat notifikasi atau pemberitahuan jika Anda mendapat pesanan baru, ulasan produk atau pesan yang masuk pada akun Anda. Saat mengecek toko Anda sebagai penjual, Anda bisa melihat pesanan baru dengan memilih menu ‘Penjualan’ atau ‘Toko Saya’.
  5. Jika ada pesanan yang masuk, Anda bisa memilih ‘Terima Pesanan’ lalu klik ‘Respon Pesanan’. Jika penjual menolak pesanan, Anda bisa mendapatkan poin penalti. Jadi, pastikan selalu mengupdate stok produk Anda di Tokopedia.
  6. Jika pesanan tersebut Anda terima, Anda tinggal mempersiapkan produk Anda dan mengirim pesanan ke jasa ekspedisi yang telah dipilih oleh pembeli.

Tips Berjualan di Tokopedia

Tips berjualan di Tokopedia
Tips Berjualan di Tokopedia

Sama seperti persaingan bisnis dengan cara yang konvensional pada umumnya, berbisnis secara online juga membutuhkan strategi agar tidak kalah dengan kompetitor. Agar penjualan Anda di Tokopedia semakin meningkat dengan maksimal, Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui fitur-fitur yang ada di Tokopedia agar menadaptkan keuntungan yang maksimal. silahkan ikuti tips berjualan berikut ini:

Menjadi Gold Merchant

menjadi gold merchant merupakan salah satu cara menjual produk di tokopedia
Menjadi Gold Merchant

Selain menawarkan pendaftaran gratis, Tokopedia juga menawarkan fasilitas Gold Merchant bagi penjual yang ingin mendapatkan layanan berbayar. Dengan fasilitas ini, Anda bisa mendapat berbagai kelebihan seperti sampul toko, penambahan kategori, fitur statistik, dan lain sebagainya.

Gunakan foto produk yang berbeda dengan lainnya

Gunakan foto produk yang berbeda dari yang lainnya
Gunakan Foto Produk yang Berbeda

Foto yang terlalu umum atau biasa tentu akan membuat pelanggan merasa kurang yakin kepada produk yang Anda tawarkan. Jika memungkinkan, selalu gunakanlah foto produk asli.

Untuk menambah daya tarik dalam display produk kamu yaitu dengan cara mendesainnya. Salah satu aplikasi terbaik yang dapat membantu Anda berjualan online di marketplace sehingga bisa mendapatkan display produk yang menarik adalah Blend

Aplikasi ini mempunyai fitur menghapus atau mengedit latar belakang dari foto produk Anda secara otomatis. Dengan aplikasi Blend, foto produk Anda akan terlihat lebih rapi dan profesional. Blend dapat membuat dampak besar pada tampilan akhir postingan foto produk yang Anda gunakan untuk berjualan di marketplace Tokopedia.

Selain itu Blend juga memiliki 1000+ Templates yang bisa kalian akses dan menjadikannya konten saat sedang sale ataupun untuk lainnya. Fitur lainnya juga bisa kamu nikmati.

Respon cepat

cara menjual produk di tokopedia salah satunya yaitu respon cepat
Respon Cepat

Salah satu kunci sukses untuk berjualan online adalah respon yang cepat. Semakin cepat respon Anda kepada pelanggan, semakin besar pula peluang Anda mendapatkan kesepakatan transaksi. Lebih baik lagi, tambahkan nomor kontak lain yang bisa dihubungi seperti nomor telepon atau Whatsapp.

Biasa Customer sangat suka jika bisa berdikusi langsung dengan toko apabila direspon dengan cepat, karena pada dasarnya customer tidak mau menunggu lama untuk mendapatkan jawaban.

Jika kamu lama untuk meresponnya bersiaplah mereka akan pergi untuk mencari toko lain.

Lakukan pengiriman dengan cepat

lakukan pengiriman dengan cepat
Pengiriman Cepat

Setiap pembeli pasti menginginkan produknya sampai di rumah dengan cepat. Maka dari itu, layani pelanggan Anda dengan cepat dan kirim barang segera setelah pesanan Anda terima. Jika terjadi keterlambatan pengiriman, silahkan berikan informasi di awal kepada pelanggan Anda.

Berjualan di Tokopedia memang sangat mudah. Anda hanya perlu mendaftar, buka toko, tambah produk dan terima pesanan saja. Dengan berjualan online di Tokopedia, Anda bisa mendapatkan jaringan pelanggan dengan lebih mudah yang nantinya akan meningkatkan omzet bisnis Anda.

Jadi, kapan Anda akan mulai berjualan di Tokopedia? gampangkan cara menjual produk di tokopedia!